Apa itu Propolis dan Manfaatnya?

Apa itu propolis ? Mungkin pertanyaan ini terbersit dalam benak anda, tapi kami yakin anda pembaca pasti sudah banyak tahu apa itu propolis, bentuknya dan juga khasiat serta manfaatnya. Namun tidak banyak dari anda pembaca masih terbersit pertanyaan apa itu propolis, mungkin karena informasi yang didapat belum sebegitu memenuhi rasa pensaran anda tentang propolis, dimana ia didapat dan bagaimana cara lebah mendapatkan propolis yang dikenal sangat hebat khasiatnya bagi kesehatan tubuh manusia dari berbagai penyakit.

 

Apa itu Propolis dan manfaatnya ?

Propolis itu sendiri berasal dari bahasa Yunani dari kata “pro” yang artinya sebelum dan “Polis” yang artinya tubuh, arti globalnya adalah sebagai pertahanan tubuh. Propolis dalam sarang lebah berfungsi sebagai penutup dan juga penguat sarang, propolis itu melindungi isi sarang yaitu lebah-lebah dari serangan bakteri dan virus dari luar.

Dalam sebuah penelitian sarang lebah merupakan tempat yang sangat sedikit sekali terpengaruh oleh bakteri atau virus, yang sangat jauh berbeda dengan lingkungan luar sarang yang sudah sangat terkontaminasi bakteri dan virus. Hal ini terjadi karena disarang lebah terlumuri sekelilingnya oleh propolis, walau dalam sarang itu ada sekitar 10.000 s.d 100.000 ekor lebah dari setiap sarang yang ada, namun sangat kecil sekali bakteri atau virus ditemukan, karena setiap lebah yang masuk akan mengenai dinding yang telah terlumuri oleh propolis, sehingga lebah terlindungi pertahanan tubuhnya.

Propolis terbentuk dari kebiasaan lebah yang membawanya dari pepohonan, propolis sebuah bahan seperti resin atau damar yang lebah ambil dari pucuk muda atau kulit pohon yang mereka hinggapi. propolis merupakan bahan antibiotik alami yang sudah sejak lama ditemukan oleh manusia dan dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Dan sampai sekarang propolis banyak digunakan sebagai bahan farmasi dan obat herbal.

Propolis memiliki nilai yang sangat luar biasa, sehingga anda harus membayar mahal untuk mendapatkan propolis yang asli, propolis yang murni memiliki tekstur yang kental dan lengket seperti ter atau aspal, adapun produk sekarang encer merupakan pengenceran agar nilai lebih ekonomis dan pemanfaatannya yang lebih mudah dikonsumsi, bahkan bagi sebagian ahli ada yang menyimpulkan propolis akan lebih berarti bagi kesehatan tubuh manusia dengan teknik pengenceran khusus dengan bahan yang khusus pula.

Penjualan propolis dipasar obat indonesia sungguh sangat luar biasa, sempat mendominasi dalam waktu yang cukup panjang, karena animo masyarakat sangat baik dan hasil yang luar biasa, kini propolis memiliki banyak merek dari berbagai produsen obat dan herbal.

Propolis merupakan produk lebah asli sebagaimana halnya madu, beepolen dan royal jelly, dan jenis madu yang spesial yang memiliki khasiat setara propolis adalah Madu Hitam Pahit, jenis madu dengan ciri khas hitam dan rasa pahit ini sekarang menjadi solusi banyak masyarakat yang menginginkan kesembuhan. Propolis dan madu pahit sama-sama merupakan antibiotik alami dan mampu mengatasi berbagai penyakit luar maupun dalam tubuh.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Propolis dan Manfaatnya?"

Post a Comment